Selasa, 25 Januari 2011

Pemodelan Proses Bisnis

 Pemodelan bisnis memodelkan sistem organisasi ke dunia nyata. Model bisnis sangat membantu kita untuk memahami masalah yang harus diselesaikan oleh perangkat lunak yang akan kita buat. Lalu apa proses-proses bisnis dan bagaimana mungkin mereka dirancang untuk mendukung satu sasaran organisasi ?
Bagaimana cara kita mendesain sistem informasi untuk mengumpulkan,memelihara, dan memproses data yang diperlukan untuk menghasilkan       keluaran-keluaran yang diperlukan oleh manajemen mengatur efektifitas proses-proses bisnis dalam jaman informasi ?
Analisis akan menggunakan model semantik - model dari aksi-aksi nyata atau penomena. Yaitu menggunakan REAL Business Process Modeling sebagai suatu metode untuk membantu anda memahami dan model proses-proses bisnis
Tujuan Pemodelan Proses Bisnis
¨  Memahami struktur dan dinamika organisasi
¨  Memahami masalah-masalah dalam mencapai target organisasi dan menemukan potensi untuk kemajuan organisasi
¨  Yakin bahwa para customer, end user, dan developer mempunyai sebuah pemahaman yang benar mengenai sebuah organisasi
¨  Mampu memperoleh software aplikasi yang akan kita buat yang diperlukan untuk mencapai target  organisasi
Aktifitas Nilai Utama
Ø  Inbound logistics – Aktivitas yang berhubungan dengan menerima, menyimpan dan penyebaran masukan untuk produkproduk dan jasa
Ø  Operations- Aktivitas yang berhubungan dengan mentranformasikan
Ø  masukan ke dalam produk dan jasa akhir
Ø  Outbound logistics – aktivitas yang berhubungan dengan pengumpulan, penyimpanan dan mendistribusikan secara fisik produk-produk dan jasa
Ø  Marketing and sales – Aktivitas yang berhubungan dengan menyediakan suatu pengertian bahwa pelanggan dapat membeli hasil dan suatu tujuan untuk mempengaruhi mereka untuk membeli
Ø  Service – aktivitas yang menyediakan pelayananuntuk meningkatkan
Ø  atau memelihara nilai dari produk-produk dan jasa
Aktifitas Dukungan
Ø  Procurement – suatu fungsi masukan pembelian untuk rantai nilai perusahaan
Ø  Technology Development - keterampilan, prosedur, atau teknologi yang melekat di dalam proses yang diharapkan untuk memperbaiki suatu produk, pelayanan dan atau proses
Ø  Human Resource Management – aktivitas yang melibatkan penerimaan, menyewa, pengembangan dan kompensasi seluruh tipe personal
Ø  Firm Infrastructure – aktivitas yang mendukung seluruh rantai  nilai (e.g. manajemen umum, perencanaan, keuangan, akuntansi, hukum, hubungan pemerintah, qualitas manajemen dll.)
Peristiwa Proses Bisnis – Business Process Events
v  Suatu proses bisnis adalah “satu rangkaian aktivitas yang diharapakan untuk memenuhi tujuan strategis dari suatu organisasi.”
v  Operating Events adalah suatu aktivitas operasi yang dilaksanakan di dalam proses bisnis untuk menyediakan barang dan jasa untuk konsumen.
v  Information Events termasuk tiga aktivitas : merekam data tentang kejadian operasi, pemeliharaan data referensi yang penting untuk organisasi, dan melaporkan informasi yang dibutuhkan untuk manajemen dan pengambil keputusan yang lain.
v  Decision/Management Events adalah aktivitas dimana manajemen dan orang lain membuat keputusan tentang perencanaan, pengawasan dan evaluasi proses bisnis
Mengembangan Suatu Model Proses Bisnis REAL
Ø  Modeling proses bisnis REAL adalah suatu metode formal untuk mengidentifikasi dan menggambarkan karakteristik yang penting bahwa secara bersama menguraikan proses bisnis dan kejadian.
Ø  Sebutan REAL merupakan singkatan dari Resources, Events, Agents, and Locations.
Ø  Menyipakan suatu model proses bisnis REAL memerlukan anda untuk mengidentifikasi Aktivistas bisnis penting secara strategis dan karakteristik penting tentang aktivitas bisnis ini
Ø  Kejadian relevan secara strategis Apa Yang Terjadi? Bagaiamana masing-masing peristiwa mengeksekusi dan mengapa mengeksekusi.?
Ø  Tanggal/Waktu Kapan masing-masing peritiwa terjadi?
Ø  Agen internal dan ekternal Apa peran-peran dilaksanakan dan siapa yang / apa yang agen-agen melaksanakan peranperan didalam melaksanakan masing-masing peristiwa?
Ø  Sumber daya Apa macam dari sumber daya yang dilibatkan dan berapa banyak digunakan?.
Ø  Lokasi Dimana peristiwa terjadi?
Ø  Risiko Apa yang bisa salah di dalam melaksanakan peristiwa?
Langkah Pengembangan Model Proses Bisnis REAL
·         Langkah 1: Pahami Lingkungan Organisasi dan Tujuan Organisasi
·         Langkah 2 : Meninjau ualang proses bisnis dan identifikasi kejadian operasional penting secara strategis
·         Langkah 3 : Analisis masing-masing daftar peristiwa sesuai langkah dua untuk mengidentifikasi kegiatan sumber daya, agen dan lokasi
·         Langkah 4 : Identifika Relevan Kelakuan, Karakteristik dan Atribut dari Kejadian, Sumber Daya, Agen dan Lokasi
·         Langkah 5: Identifikasi dan Dukumentasi Hubungan Langsung Antara Sumber daya, Kejadian, Agen, dan Lokasi
·         Langkah 6 : Validasi Model Proses Bisnis Riil dengan Orang – orang Bisnis

1 komentar: