Pemodelan bisnis memodelkan sistem organisasi ke dunia nyata. Model bisnis sangat membantu kita untuk memahami masalah yang harus diselesaikan oleh perangkat lunak yang akan kita buat. Lalu apa proses-proses bisnis dan bagaimana mungkin mereka dirancang untuk mendukung satu sasaran organisasi ?
Bagaimana cara kita mendesain sistem informasi untuk mengumpulkan,memelihara, dan memproses data yang diperlukan untuk menghasilkan keluaran-keluaran yang diperlukan oleh manajemen mengatur efektifitas proses-proses bisnis dalam jaman informasi ?
Analisis akan menggunakan model semantik - model dari aksi-aksi nyata atau penomena. Yaitu menggunakan REAL Business Process Modeling sebagai suatu metode untuk membantu anda memahami dan model proses-proses bisnis
Tujuan Pemodelan Proses Bisnis
¨ Memahami struktur dan dinamika organisasi
¨ Memahami masalah-masalah dalam mencapai target organisasi dan menemukan potensi untuk kemajuan organisasi
¨ Yakin bahwa para customer, end user, dan developer mempunyai sebuah pemahaman yang benar mengenai sebuah organisasi
¨ Mampu memperoleh software aplikasi yang akan kita buat yang diperlukan untuk mencapai target organisasi
Aktifitas Nilai Utama
Ø Inbound logistics – Aktivitas yang berhubungan dengan menerima, menyimpan dan penyebaran masukan untuk produkproduk dan jasa
Ø Operations- Aktivitas yang berhubungan dengan mentranformasikan
Ø masukan ke dalam produk dan jasa akhir
Ø Outbound logistics – aktivitas yang berhubungan dengan pengumpulan, penyimpanan dan mendistribusikan secara fisik produk-produk dan jasa
Ø Marketing and sales – Aktivitas yang berhubungan dengan menyediakan suatu pengertian bahwa pelanggan dapat membeli hasil dan suatu tujuan untuk mempengaruhi mereka untuk membeli
Ø Service – aktivitas yang menyediakan pelayananuntuk meningkatkan
Ø atau memelihara nilai dari produk-produk dan jasa
Aktifitas Dukungan
Ø Procurement – suatu fungsi masukan pembelian untuk rantai nilai perusahaan
Ø Technology Development - keterampilan, prosedur, atau teknologi yang melekat di dalam proses yang diharapkan untuk memperbaiki suatu produk, pelayanan dan atau proses
Ø Human Resource Management – aktivitas yang melibatkan penerimaan, menyewa, pengembangan dan kompensasi seluruh tipe personal
Ø Firm Infrastructure – aktivitas yang mendukung seluruh rantai nilai (e.g. manajemen umum, perencanaan, keuangan, akuntansi, hukum, hubungan pemerintah, qualitas manajemen dll.)
Peristiwa Proses Bisnis – Business Process Events
v Suatu proses bisnis adalah “satu rangkaian aktivitas yang diharapakan untuk memenuhi tujuan strategis dari suatu organisasi.”
v Operating Events adalah suatu aktivitas operasi yang dilaksanakan di dalam proses bisnis untuk menyediakan barang dan jasa untuk konsumen.
v Information Events termasuk tiga aktivitas : merekam data tentang kejadian operasi, pemeliharaan data referensi yang penting untuk organisasi, dan melaporkan informasi yang dibutuhkan untuk manajemen dan pengambil keputusan yang lain.
v Decision/Management Events adalah aktivitas dimana manajemen dan orang lain membuat keputusan tentang perencanaan, pengawasan dan evaluasi proses bisnis
Mengembangan Suatu Model Proses Bisnis REAL
Ø Modeling proses bisnis REAL adalah suatu metode formal untuk mengidentifikasi dan menggambarkan karakteristik yang penting bahwa secara bersama menguraikan proses bisnis dan kejadian.
Ø Sebutan REAL merupakan singkatan dari Resources, Events, Agents, and Locations.
Ø Menyipakan suatu model proses bisnis REAL memerlukan anda untuk mengidentifikasi Aktivistas bisnis penting secara strategis dan karakteristik penting tentang aktivitas bisnis ini
Ø Kejadian relevan secara strategis Apa Yang Terjadi? Bagaiamana masing-masing peristiwa mengeksekusi dan mengapa mengeksekusi.?
Ø Tanggal/Waktu Kapan masing-masing peritiwa terjadi?
Ø Agen internal dan ekternal Apa peran-peran dilaksanakan dan siapa yang / apa yang agen-agen melaksanakan peranperan didalam melaksanakan masing-masing peristiwa?
Ø Sumber daya Apa macam dari sumber daya yang dilibatkan dan berapa banyak digunakan?.
Ø Lokasi Dimana peristiwa terjadi?
Ø Risiko Apa yang bisa salah di dalam melaksanakan peristiwa?
Langkah Pengembangan Model Proses Bisnis REAL
· Langkah 1: Pahami Lingkungan Organisasi dan Tujuan Organisasi
· Langkah 2 : Meninjau ualang proses bisnis dan identifikasi kejadian operasional penting secara strategis
· Langkah 3 : Analisis masing-masing daftar peristiwa sesuai langkah dua untuk mengidentifikasi kegiatan sumber daya, agen dan lokasi
· Langkah 4 : Identifika Relevan Kelakuan, Karakteristik dan Atribut dari Kejadian, Sumber Daya, Agen dan Lokasi
· Langkah 5: Identifikasi dan Dukumentasi Hubungan Langsung Antara Sumber daya, Kejadian, Agen, dan Lokasi
· Langkah 6 : Validasi Model Proses Bisnis Riil dengan Orang – orang Bisnis
materinya membantu bingitzzzzzzzzzzzzz
BalasHapus