Selasa, 25 Januari 2011

Analisis SWOT

·       Analisis SWOT (Strength, Weaknes, Opportunity dan Threat) dikembangkan oleg H. Igor Ansoff  pada tahun 1956.  Analaisis SWOT merupakan suatu alat untuk menganalisis keadaan LINGKUNGAN Perusahaan sebagai proses awal dari suatu kegiatan PERENCANAAN  maupun pembuatan STRATEGI Bisnis.
·         Lingungan Perusahaan disini mencakup semua faktor, baik yang berada di dalam maupun di luar perusahaan yang dapat memepengaruhi pencapaian tujuan bisnis yang diinginkan. Secara garis besar, analisis lingkungan disini akan mencakup mengenai lingkungan eksternal dan internal
·         ANALISIS adalah suatu kegiatan untuk memahami seluruh informasi yang terdapat pada suatu kasus, mengetahui  isu apa yang sedang terjadi, dan memutuskan tindakan apa yang harus segera dilakukan untuk memecahkan masalah.
·         ANALISIS SWOT adalah suatu bentuk analisis situasi dengan mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis terhadap kekuatan-kekuatan (Strengths) dan kelemahan-kelemahan (Weaknesses) suatu organisasi dan kesempatan-kesempatan (Opportunities) serta ancaman-ancaman (Threats) dari lingkungan untuk merumuskan strategi organisasi

Merupakan tahap diagnosa pd manajemen strategis ® logika pada strategi yg diterapkan
·         Strategi harus konsisten dengan kondisi lingkungan persaingan
·         Strategi harus realistik dengan kemampuan organisasi
·         Strategi harus dapat dilaksanakan secara cermat (applicable)

Hal Penting Dalam Menganalisa
·         Evaluasi membutuhkan dasar yg obyektif (memperbandingkan dg kompetitor sejenis)
·         Sulit untuk menilai diri secara jujur (kekuatan dan kelemahan menjadi dasar suatu strategi)
·         Perlu mengumpulkan pendapat orang lain (respon balik dari pelanggan, benchmark/perbandingan dg pesaing)
·         Keikut sertaan staf adalah penting (dekat kpd bawahan, menyoroti area yg blm diketahui manajemen

SWOT
  KEKUATAN (Strengths) adalah kegiatan-kegiatan organisasi yang berjalan dengan baik atau sumber daya yang dapat dikendalikan.
  KELEMAHAN (Weaknesses) adalah kegiatan-kegiatan organisasi yang tidak berjalan dengan baik atau sumber daya yang dibutuhkan oleh organisasi tetapi tidak dimiliki oleh organisasi.
  KESEMPATAN (Opportunities) adalah faktor-faktor lingkungan luar yang positif.
  ANCAMAN (Threatss) adalah faktor-faktor lingkungan luar yang negatif.

Ø  Lingkungan eksternal akan memberikan gambaran tentang Peluang dan Ancaman (OT) bagi perusahaan yang meliputi lingkungan umum
Ø  Sedangkan analisis internal akan memberikan gambaran tentang Kekuatan dan Kelemahan (SW) yang ada didalam perusahaan, mencakup analisis mengenai keadaan internal perusahaan

IFE
Adalah analisa terhadap lingkungan dalam organisasi untuk melihat:
1.Kemampuan organisasi ( Strength )
2. Kelemahan organisasi ( Weakness )
·         FAKTOR PEMASARAN
FAKTOR KEUANGAN DAN AKUNTING
FAKTOR PRODUKSI, OPERASI, TEKNIK
FAKTOR PERSONALIA
FAKTOR MANAJEMEN MUTU
FAKTOR SISTIM INFORMASI
FAKTOR ORGANISASI DAN MANAJEMEN UMUM
EFE
Adalah analisa terhadap lingkungan luar organisasi untuk melihat :
1.      Peluang  ( Opportunity ).
2.      Ancaman (Threat)

LINGKUNGANJAUH :
            Faktorekonomi
            Faktorsosial
            Faktorpolitik
            Faktorteknologi
            Faktor ekologi

LINGKUNGAN INDUSTRI :
·         Faktor ancaman pendatang baru
·         Faktor daya tawar menawar pembeli/pelanggan
·         Faktor daya tawar menawar pemasok
·         Faktor ancaman produk atau jasa substitusi
·         Faktor pertarungan diantara para anggota industri (peserta persaingan)

LINGKUNGAN OPERASIONAL :
·         Faktor posisi bersaing
·         Faktor profil pelanggan
·         Faktor pemasok
·         Faktor kreditor
·         Faktor SDM (sifat pasar tenaga kerja)

MATRIK SWOT adalah alat untuk menyusun faktor-faktor strategis organisasi yang dapat menggambarkan secara jelas bagaimana peluang dan ancaman eksternal yang dihadapi organisasi dapat disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya.

Strategi
Agresif
·         Pada kuadran ini merupakan situasi yang sangat menguntungkan, karena perusahaan tersebut memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada.
·         Strategi yang diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif.
Diversifikasi(Kuadran II)    
·         Pada kuadran ini mengalami berbagai ancaman, tetapi perusahaan masih memiliki kekuatan dari segi internalnya.
·         Strategi yang harus diterapkan adalah menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang jangka panjang dengan cara strategi diversifikasi (produk/pasar).
Defensif (Kuadran III)
o   Pada kuadran ini perusahaan menghadapi peluang pasar yang sangat besar, tetapi disisi lain, perusahaan ini menghadapi beberapa kendala/kelemahan internal.
o   Strategi perusahaan adalah meminimalkan masalah-masalah internal perusahaan sehingga dapat merebut peluang pasar yang lebih baik.
Turnaround (Kuadran IV)
Pada kuadran ini merupakan situasi yang tidak menguntungkan, karena menghadapi berbagai ancaman dan kelemahan internal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar