Minggu, 16 Oktober 2011

Peranan SI/TI

Peranan SI/TI dalam Bisnis
Pengantar
                Dengan semakin berkembangnya peranan teknologi informasi dalam dunia bisnis, maka menuntut manajemen SI/TI untuk menghasilkan Sistem Informasi yang layak dan mendukung kegiatan bisnis. Untuk itu, dituntut sebuah perubahan dalam bidang manajemen SI/TI. Perubahan yang terjadi adalah dengan diterapkannya Perancangan Strategis Sistem Informasi untuk memenuhi tuntutan menghasilkan SI yang mendukung kegiatan bisnis suatu organisasi. Seiring dengan perkembangan zaman dan dunia bisnis, peningkatan Perencanaan Strategis Sistem Informasi menjadi tantangan serius bagi pihak manajemen SI/TI.

Pokok Bahasan

¡  TI/SI untuk Bisnis
¡  Peranan TI/SI dalam Proses Bisnis
¡  Peranan TI/SI dalam Strategi Keunggulan Kompetitif
¡  Spektrum TI dalam Perencanaan teknologi Bisnis


¡  TI/SI untuk Bisnis

Tahun
Aplikasi Bisnis
1950
Aplikasi computer pertama untuk otomatisasi pekerjaan accounting seperti payroll, accounts receivable, and account payable
1960
Teknologi computer dalam bisnis terkonsentrasi untuk aplikasi manufacturing seperti inventory, production control, customer order entry, dan purchasing
1970
Computer digunakan sebaga pertimbangan dalam fenomena research and development (R&D)
1980 – 1990
Manajemen mulai menginvestigasi bagaimana menggunakan system informasi untuk alat strategis. Informasi dianggap sangat penting, sama pentingsnya seperti uang, material dan sumber daya manusia(SDM), ditandai dengan munculnya istilah IRM (Information resources management)
2000 s/d sekarang
Sebagian besar perusahaan menuntut peran system informasi berkontribusi secara langsung untuk mencapai tujuan strategis bisnis perusahaan (keunggulan bersaing)

Peranan TI/SI dalam proses bisnis
¡  Mengoptimalkan kemampuan organisasi dalam implementasi strategi bisni dan inovasi bisnis
¡  Mengefektifkan proses pengambilan keputusan bisnis pada semua tingkatan manajemen
¡  Mengintegrasikan berbagai bagian organisasi dan tingkatan manajemen dalam memproses informasi  bisnis..
¡  Meningkatkan kepuasan pelanggan dengan men—diseminasikan (menyebarkan)informasi bisnis secara interaktif pada pelanggan.

Peranan TI/SI dalam strategi keunggulan kompetitif
·         Strategi biaya
·         Strategi diferensiasi
·         Strategi inovasi
·         Strategi pertumbuhan
·         Stategi aliansi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar