Minggu, 16 Oktober 2011

Analisa Strategi SI

TEKNIK ANALISA PEMAHAMAN SITUASI SEKARANG DAN INTERPRETASI KEBUTUHAN MENDATANG
Pengantar
·         Peran SI/ TI meningkat sejalan dengan peningkatan ekonomi dan kapabilitas. Peningkatan persaingan bisnis memberikan motivasi untuk menginvestasi cara yang lebih efisien dan efektif menjalankan proses bisnis dan mengelola bisnis.
·         Adalah sebuah hal yang sangat penting dimana kita harus memahami sebuah situasi dari sebuah sistem yang ada dan begaimana sistem tersebut dapat mendukung dan memperbaiki performa operasional, manajemen kontrol dengan baik dan secara terus menerus melakukan pengembangan dalam bisnis tersebut.

Analisis Lingkungan SI/TI Saat Ini
·         Lingkungan Bisnis Internal
·         Lingkungan Eksternal
·         Analisisa Proses Bisnis ke Dalam Model Proses Bisnis

Organisasi dan Lingkungan
·         Organisasi berinteraksi dengan lingkungan
·         Terkait dengan efektifitas organsiasi
·         Lingkungan memberikan ketidakpastian dan peluang
·         Lingkungan perlu dimanage agar mendukung strategi organisasi

Lingkungan Bisnis Internal
¡  Strategi bisnis tidak hanya tujuan namun juga segala sesuatu yang diharapkan untuk mencapainya, yang terdiri dari :
l  Misi, Visi, Business Drivers, Tujuan (objectives), Key Performance Indicators.
¡  Lingkungan Organisasional Model organisasional terdiri dari beberapa komponen yang dapat dibentuk dengan beberapa aspek

Why Eksternal Assesment
¡  Analisis lingkungan merupakan langkah pertama berfikir stratejik
¡  Pemikiran pelaku bisnis bersifat kaku, sedangkan kondisi ekonomi, sosial, berubah makin cepat
¡  Dunia selalu berubah
¡  Yang mampu bertahan, bukanlah yang kuat

Lingkungan Eksternal
Lingkungan Eksternal terdiri dari
l  Pengaruh kebijakan legislatif dan fiskal, trend industri dan perekonomian, kompetisi dasar industri yang khusus, strandar industri, praktek dan produk pesaing.
l  Koalisi Dominan merupakan kunci pengaruh internal yang merupakan penggerak kekuatan di balik organisasi.
l  Ketetapan resmi organisasi meliputi rencana, anggaran, organization chart, definisi pekerjaan, pengukuran performance dan sistem kontrol
l  Proses inti (proses kunci organisasional) adalah proses dan aktifitas di dalam organisasi yang membawa sumber daya bersama untuk menghasilkan pelayanan

Analisis Pengaruh Lingkungan PEST
Analisis PEST mengidentifikasikan untuk masa yang lama, seperti dampak globalisasi terhadap bisnis. Analisis ini digunakan untuk memfokuskan pada dampak lingkungan di luar organisasi perusahaan/ industri yang sangat penting untuk perubahan jangka panjang, yang mungkin saja terlupakan dalam pembuatan keputusan perusahaan.
Ø  P – Politik/hukum : monopoli perusahaan negara, pajak, hukum, hukum perlindungan lingkungan, peraturan perdagangan internasional, konstitusi dan stabilitas  pemerintah
Ø  E   -  Ekonomi : inflasi, supplai uang, harga sumber energi seperti listrik dan BBM, peningkatan tingkat ekonomi, siklus perdagangan nasional dan internasional.
Ø  S - Sosial-Budaya : perubahan jumlah penduduk, perubahan gaya hidup masyarakat, tingkat pendidikan, pendapatan manyarakat.
Ø  T   -   Teknologi : pengembangan inovasi terbaru, perpindahan teknologi, penelitian terbaru.  

Analisis Proses Bisnis ke dalam Model Bisnis

Aktifitas Nilai Utama
Ø  Inbound logistics – Aktivitas yang berhubungan dengan menerima, menyimpan dan penyebaran masukan untuk produkproduk dan jasa
Ø  Operations- Aktivitas yang berhubungan dengan mentranformasikan masukan ke dalam produk dan jasa akhir
Ø  Outbound logistics – aktivitas yang berhubungan dengan pengumpulan, penyimpanan dan mendistribusikan secara fisik produk-produk dan jasa
Ø  Marketing and sales – Aktivitas yang berhubungan dengan menyediakan suatu pengertian bahwa pelanggan dapat membeli hasil dan suatu tujuan untuk mempengaruhi mereka untuk membeli
Ø  Service – aktivitas yang menyediakan pelayananuntuk meningkatkan atau memelihara nilai dari produk-produk dan jasa

Aktifitas Pendukung
Ø  Procurement – suatu fungsi masukan pembelian untuk rantai nilai perusahaan
Ø  Technology Development - keterampilan, prosedur, atau teknologi yang melekat di dalam proses yang diharapkan untuk memperbaiki suatu produk, pelayanan dan atau proses
Ø  Human Resource Management – aktivitas yang melibatkan penerimaan, menyewa, pengembangan dan kompensasi seluruh tipe personal
Ø  Firm Infrastructure – aktivitas yang mendukung seluruh rantai nilai (e.g. manajemen umum, perencanaan, keuangan, akuntansi, hukum, hubungan pemerintah, qualitas manajemen dll.)

Analisis SWOT
Analisa SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) dilakukan dengan mengidentifikasi kekuatan dan faktor-faktor positif yang berasal dari internal organisasi; kelemahan dan faktor-faktor negatif dari internal; peluang atau kesempatan dan keuntungan dari faktor eksternal dan ancaman atau resiko yang dipengaruhi oleh faktor eksternal.
¡  dijelaskan pada pertemuan berikutnya….

Analisis Interprestasi Kebutuhan Masa Yang Akan Datang
¡  Analisa Rantai Nilai (Value Chain Analysis)
¡  Analisa Balanced Scorecard
¡  Analisa CSFs (Critical Success Factors)

¡  Analisa Rantai Nilai (Value Chain Analysis)
Dalam analisa ini dilakukan analisa kerangka rantai kegiatan yang menggambarkan keterkaitan antar satu kegiatan dengan kegiatan yang lain sebagaimana digambarkan
¡  Analisa Balanced Scorecard
Balanced Scorecard (BSC) adalah salah satu model sistem pengukuran kinerja dengan strategi sebagai titik awal menerjemahkan ke dalam ukuran kinerjanya. Kaplan dan Norton memberikan kerangka kerja dengan empat perspektif agar dapat menjabarkan kinerja suatu organisasi dengan baik yang melingkupi perspektif Finansial, Konsumen, Proses Bisnis dan Tumbuh dan Belajar. Strategi perusahaan akan diterjemahkan menjadi strategi objektif dengan KPI-KPI-nya bagi 4 perspektif yang ada.

¡  Analisa CSFs (Critical Success Factors)
Analisa CSF merupakan sebuah metode yang sangat kuat untuk mengkonsentrasikan kunci kebutuhan informasi yang diperlukan oleh sebuah organisasi, sebuah unit bisnis ataupun seorang manajer dan ketua jurusan sebagaimana digambarkan pada gambar berikut ini.

Kompetensi Strategis SI/TI
¡  Macam-macam Kekuatan Kompetitif
¡  competencies to manage is/it strategically
¡  IT Competencies and Organizational Dimension

Kekuatan Kompetensi
Adapun lima macam kekuatan kompetitif atau five forces, yaitu :
1.      Daya tawar pelanggan (Customers),
agar bisnis perusahaan tetap baik maka perlu menjaga pelanggan untuk tidak berpindah ke pesaing yang lain yang mungkin menawarkan harga yang lebih murah.
¡  Misalnya : sebuah Rumah Sakit berusaha untuk meningkatkan kemampuan kompetisinya dengan meningkatkan pelayanan namun dengan harga yang masih terjangkau seperti membuat pusat informasi secara online untuk pelanggan rumah sakit untuk mendapatkan informasi tentang keadaan rumah sakit, untuk memesan kamar inap dan untuk pendaftaran. Sehingga membuat pelanggan sulit untuk berubah ke pasaing lainnya.
2.      Daya tawar pemasok (Suppliers), memegang peranan penting dalam proses produksi perusahaan.
Misal pada SI Rumah Sakit : manfaat dari menjaga hubungan baik dengan suppliers yaitu mengurangi biaya pembelian obat-obatan, mengurangi kemungkinan keterlambatan pengiriman barang, meningkatkan keakuratan informasi yang diterima, dan memperlancar kerjasama baik RS dengan supliers.
3.      Ancaman Substitusi,
l  contoh : munculnya banyak Klinik-klinik Kesehatan, Praktek dokter umum Mandiri.
4.      Daya rival kompetitor/pesaing,
l  contoh : menculnya pesaing baru seperti Rumah Sakir Swasta dan Rumah Sakit Umum.
5.      Ancaman pendatang Baru,
dalam industri perusahaan baru banyak berdatangan dan menampilkan produk terbarunya. Hal ini dapat mengurangi keuntungan perusahaan.

The organizational competencies to manage is/it strategically
Strategy competency merupakan kemampuan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi pemahaman dari IT sebagai bagian dasar dari strategi bisnis.  Terdiri dari :
1.      Strategy
2.      IS contribution
3.      IT capability
4.      Eksploitation
5.      Deliver solutions
6.      Supply


Weakness
1.      Business strategy
2.      Benefits delivery
3.      Managing change
4.      Information governance
5.      Benefitd planning
6.      Business peformance improvement
7.      Information assets management
8.      Priorization
Ø  Ketidakmampuan salah satu kompetencies akan menimbukan ketidak stabilan bagi lainnya,  oleh karena itu penting mengidentifikasi hubungan dianatar keduanya

IT COMPETENCIES AND ORGANIZATIONAL DIMENSION

Untuk memahami hal diatas terdapat 3 point:
Ø  Menggabungkan pengetahuan bisnis dengan pengetahuan IS
Ø  Fleksible dan flatform IT
Ø  Penggunaan yang efektif dari proses
Manfaat Strategis Penggunaan SI/TI
¡  Meningkatkan operasi bisnis
¡  Mempromosikan innovasi bisnis
¡  Memeprtahankan pelanggan dan pemasok
¡  Membuat tembok penghalang bagi pendatang baru
¡  Membangun suatu platform TI yang strategis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar